Posted by: Harry W. S | February 22, 2007

Elang, dan beberapa spesiesnya di dunia

Elang dikenal sebagai burung pemangsa berukuran besar, memiliki kemampuan terbang yang kuat, sayap yang lebar, paruh yang besar dan tajam, serta kuku yang kuat. Elang juga memiliki penglihatan tajam untuk melihat mangsa dari jarak yang jauh. Dengan kemampuan seperti ini, elang menempatkan dirinya berada di puncak rantai makanan pada ekosistem dimana dia berada.

Kebanyakan elang merupakan penghuni dunia lama. Seluruh jenis elang termasuk ke dalam ordo Falconiformes (atau Accitriformes, menurut skema klasifikasi alternatif). Hampir seluruh Falconiformes pemakan daging (karnivora). Elang memiliki rentang umur yang panjang, dan laju reproduksi yang rendah. Seluruh elang berpasangan secara monogami.

 Struktur rangka dan otot elang yang unik membuat burung ini memiliki kemampuan terbang jarak jauh, elang Steppe mampu menempuh jarak sejauh 4000 mil dari kawasan Asia tengah hingga ke kawasan Afrika. Tulang pada burung elang (dan burung-burung besar seperti albatros atau vulture) memiliki sifat pneumatic (rangka memiliki rongga yang dipenuhi oleh udara). Selain sifat tulang, kemampuan terbang jarak jauh juga ditunjang oleh modifikasi otot dan sayap. Berat otot pada burung elang terletak pada pusat gravitasinya, sayap berukuran besar dan lebar untuk memudahkan aliran udara menaikkan tubuhnya. Sifat tulang, berat otot, dan ukuran sayap yang unik ini membuat elang dengan bobot 7 Kg menjadi seringan bulu ketika terbang. Selain itu juga dapat membuat elang mampu terbang tanpa mengepakkan sayapnya. Kita dapat lihat ketika elang soaring di udara, sayapnya terbentang dengan lebar tanpa dikepakkan. Sayap dikepakkan biasanya untuk menambah kecepatan terbang, terutama ketika berburu mangsa.

Beberapa jenis yang terkenal:

1. Tawny Eagle (Aquila rapax)

Morfologi

elang1.jpg

Memiliki panjang tubuh 62-72 cm, dan rentang sayap 165-185 cm. Kepala dan tubuh bagian bawah berwarna coklat muda. Tubuh bagian atas memiliki warna bervariasi, mulai dari coklat tua hingga coklat kepucat-pucatan. Ujung sayap berwarna putih. Betinanya berukuran lebih besar daripada jantan. Paruh memiliki bercak hitam pada ujungnya.

Biologi

Elang Tawny termasuk kedalam famili Accipitridae.

Burung ini berkembang biak sebagian besar di Afrika, sebelah utara dan selatan gurun Sahara, dan sepanjang barat daya tropis Asia hingga India. Elang Tawny lebih menyukai habitat terbuka seperti gurun, semi-gurun, stepa, atau savana, dari ketinggan 0 m dpl hingga ketinggan 2400 m dpl.

Burung ini bersarang antara bulan Maret dan Juli pada batang pohon yang besar, biasanya dari keluarga Akasia, atau pada permukaan tanah. Telur yang dihasilkan berjumlah 1-3 telur, dengan masa inkubasi 39-44 hari.

Perilaku

Elang Tawny memakan bangkai dari sisa makanan hyena atau burung kondor, mencuri makanan pemangsa lain, memangsa mamalia dari ukuran sebesar kelinci hingga tikus, serta memangsa reptil seperti ular.

Elang Tawny mengeluarkan suara “kyow” melengking seperti gagak. tetapi secara umum burung ini termasuk pendiam, kecuali ketika display.

Sumber:

http://www.nature-wildlife.com/teag.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Tawny_Eagle

foto: http://www.kenyabirds.org.uk/teagle.htm

 

2. Elang Filipina (Pithecophaga jefferyi)

Morfologi

elang2.JPG

Kepala burung ini memiliki bulu yang panjang sehingga menyerupai kepala singa. Tubuh bagian atas berwarna coklat, dan tubuh bagian bawah berwarna putih. Betina berukuran rata-rata panjang 1 m, berat 7 kg, dan panjang sayap mencapai 2 m. Paruh berwarna hitam.

Biologi

Elang filipina merupakan salah satu burung raptor hutan terbesar dan terkuat di dunia. Tetapi elang ini juga merupakan elang terlangka di dunia. Elang ini endemik di Filipina, khususnya di pulau Luzon, Samar, Leyte, dan Mindanao. Habitatnya pada hutan tropis dari ketinggian 750 m hingga 1590 m.

Elang Filipina digolongkan ke dalam famili Accipitridae.

Elang Filipina memiliki pasangan monogami seumur hidup. Sarang biasanya di pohon-pohon dipterokarp yang emergen, letak sarangnya antara 27 m hingga 50 m dari atas tanah. Dimensi sarangnya antara 1,2 x 1,2 m hingga 1,2 x 1,7 m.

Betina menghasilkan 1 telur setiap berbiak, dengan masa inkubasi 58-68 hari. Burung dewasa akan menjaga telur dan anaknya selama 20 bulan, sehingga masa berbiak hanya bisa dilakukan setahun sekali. Betina mencapai usia matang seksual pada umur sekitar 5 tahun, dan jantan 7 tahun.

Rentang umur elang Filipina di alam liarnya tidak diketahui. Namun dari hasil pengamatan terhadap elang Filipina yang dikandangkan, memiliki umur hingga 41 tahun. Tetapi karena keadaan di alam liar lebih tidak terkontrol dibandingkan dengan keadaan di kandang, diperkirakan umur elang ini di alam liar lebih pendek daripada elang Filipina yang dikandangkan.

Perilaku

Makanan elang ini bervariasi antara jenis dan ukuran mulai dari monyet, bajing loncat, kelelawar, hingga burung berukuran besar seperti rangkong. burung juvenil belajar berburu tanpa intervensi dari parentalnya. Elang Filipina merupakan pemangsa oportunis dengan preferensi mangsa adalah spesies-spesies yang hidup di atas pohon.

elang3.JPG
Ketika akan berbiak, perilaku display di udara mulai dilakukan. Perilaku seperti soaring berpasangan, kejar-kejaran (betina terjun diagonal di ikuti oleh jantan mengejar dari belakang), dan presentasi talon berpasangan, tercatat selama pengamatan pada sepasang elang Filipina pada awal juli 1999.

Pola perkembangan juvenil ditunjukkan pada tabel di bawah ini (Kennedy, 1985):

Age when the head is held up

7-10 days

Stood momentarily

25-27 days

First wing flapping

32 days

First pin feathers appear in scapulars

37 days

Walking

45 days

First eating by itself

54 days

First time off nest

118-151 days

Fledged (departed nest tree)

130-164 days

Started to wander from nest area

246-288 days

First observed kill

304 days

Last seen in parent’s home range

640 days

Rentang umur elang Filipina di alam liarnya tidak diketahui. Namun dari hasil pengamatan terhadap elang Filipina yang dikandangkan, memiliki umur hingga 41 tahun. Tetapi karena keadaan di alam liar lebih tidak terkontrol dibandingkan dengan keadaan di kandang, diperkirakan umur elang ini di alam liar lebih pendek daripada elang Filipina yang dikandangkan.

Sumber:

http://www.philippineeagle.org/pe/pe1.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/Philippine_Eagle

 

3. Blyth Hawk Eagle (Spizaetus alboniger)

Morfologi

Burung berukuran sedang dengan panjang tubuh 51-58 cm. Dewasa memiliki garis pita hitam pada ekor, tubuh bagian atas berwarna hitam, strip hitam putih pada dada, dan memiliki jambul di kepala.

elang4.JPG

Biologi

Elang hitam putih tergolong ke dalam famili Accipitridae.

Distribusinya tersebar di semenanjung Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan. Habitatnya pada hutan terbuka, bukit dan hutan pegunungan hingga ketinggian 1980 m dpl.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Blyth%27s_Hawk-eagle

 

4. Steppe Eagle (Aquila nipalensis)

Morfologi

Burung ini memiliki panjang tubuh 62-74 cm, dan rentang sayap 165-190 cm. Perbedaannya dengan elang Tawny adalah ukurannya yang besar dan warna bulunya yang lebih gelap. Berat tubuhnya antara 2500-4000 gram.

elang5.JPG

Biologi

Seperti elang lainnya, elang Steppe tergolong ke dalam famili Accipitridae.

Burung ini bermigrasi pada musim dingin dari Rumania timur hingga Mongolia ke India dan Afrika. Elang Steppe menyukai habitat terbuka seperti gurun, semi-gurun, stepa, atau savana.

Burung ini hampir identik dengan elang Tawny, kecuali secara morfologi.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Steppe_Eagle

foto: http://www.mangoverde.com/birdsound/picpages/pic30-208-1.html


5. Golden Eagle (Aquila chrysaetos)

Morfologi

Elang emas memiliki panjang tubuh rata-rata 75-85 cm, rentang sayap 150-210 cm, dan berat tubuh 3-5 Kg. Secara umum betina lebih besar daripada yang jantan. Tubuhnya berwarna coklat tua, kecuali pada leher dan kaki berwarna emas, serta pada bagian tengah sayap berwarna coklat muda.

elang6.JPG

Biologi

Habitat elang emas bervariasi dari hutan pegunungan yang lembab hingga padang rumput. Burung ini terdistribusi di Eropa dan Asia.

Sarangnya berada di tebing atau di pohon-pohon yang tinggi. Ukuran sarangnya mencapai diameter 2 m dan tinggi 1 m.

Elang emas berpasangan secara monogami seumur hidup. Betina mengeluarkan telur antara bulan Januari dan Maret. Telur akan menetas setelah 45 hari. Anakan diberi makan oleh induknya sebelum mampu melakukan percobaan terbang pertama selama 50 hari.

Perilaku

Elang emas berburu secara berpasangan. Pasangan yang satu memojokkan mangsa, dan pasangan lainnya menangkap mangsa. Mangsa burung ini sebagian besar adalah mamalia berukuran sedang seperti marmut dan tikus, rubah, dan rusa muda.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Golden_Eagle

http://www.sdakotabirds.com/species/golden_eagle_info.htm

foto: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b4/GoldenEagle3.jpg

About these ads

Responses

  1. gambarnya bagusssssssss banget, tapi GW gak bisa baca tulisannya… KECIL2 BANGET. PUSING GW..

    SalamKenal http://wargabanten.wordpress.com

    • pake kacamata non

    • banyak minum jus wortel + tomat,dijamin neng.

  2. Good info neh…especially kan di Indo info gini rada langka sekali…

    Sudah semestinya kita mencontoh luar untuk membreeding elang2 dan raptor2 lain yang endemik di Indo supaya ngak punah kaya Elang Jawa yang bener2 sudah terancam sekali.

    Falconry salah satu penyemangat > dengan menerapkan Artificial Insemination (AI).

    Mari kita mengenalkan dan berfalconry di Indonesia, di mana Indo bener2 mendukung untuk melakukan sport ini.

    Salam…

    • Hahhaa orang yang tersesat dalam konservasi semata jumlah…

  3. lam kenal untuk sesama penggemar berat ELANG……

  4. elangnya cantik kali……..

    namun …….

    lebih cantik yang punya

  5. aku punya anakan elang ..tapi gak tau jenis elang apa

  6. thank bgt infonya tentang elang. gw penggemar berat elang. gw banyak terinspirasi ama elang termasuk karya2 lukisku. punya banyak info elang yang lainnya gak ? kaya elang bondol misalnya?

  7. gw suka juga ma elang… tambahin foto2nya donk…..!! Buat karya temen gw yang pelukis ntu tuh…..!!! Thx yuph… !!!!

  8. duh…banyak rikues gini. sekarang msh blm sempat ngisi lg. kalo ada waktu ntar gw aplotin lg foto2nya, dan sedikit artikel.

    @irul: bs di kirim ga fotonya? biar sy bisa identifikasi. bisa via japri aja ke harrymau@gmail.com

    anyway, thx 4 the comments

  9. ada site yang menjelaskan jenis2 elang di indonesia dan gambarnya :)

  10. mau,tau dong makannya elang jawa itu selain ikan apa aja???

    • Elang jawa mana ada makan ikan?? Dia raptor hutan, makannya tikus dan reptil2 kecil :)

  11. salut saya!!!!!!

    saya juga seorang birdwatcher yang sedang melakukan pengamatan burung raptor di ACEH.
    akan tetapi saya sampai saat ini masih kekurangan referensi tentang raptor.

    bisa gak bagi-bagi informasi tentang elang alap cina (Acc.soloensis) pada saat bersarang (berkembang biak).

    salam Cicem dari ACEH

    Walla ut
    (www.bwsnour.co.cc)

  12. […] EAGLE COMMUNITY Elang, dan beberapa spesiesnya di dunia […]

  13. haaaa
    kok g di pajang elang jawa siyy..
    elang ningrat yang khilangan tanahnya(hikshiks)

  14. mo kenalan donk sama temen2 semua yang suka juga ma elang,,,

    met kenalan,,,,,aku mah suka banget ma elang laut perut putih (Haliaetus leucogaster),,,kerenlah pokoknyah,,,

    • Lam kenal bagi penggemar Elang

  15. buat para penggemar elang,jangan lupa di rantai,ntar terbang kaya pnyaku,mahal bro Rp 5.000.000,plus rantai emas 24 karat 2 kg….heeeeeeeeeee

    • Penyiksa hewan liar…

  16. dri dulu aku memang palig suka elang.aku paling suka elng laut.Penglihatana yg tjm n kcptannya n semuanya!!!

  17. uhdfgyudgchnyfu7hny fdv

  18. elang adlah hewan yang saya kagumi karna ketangkasan,keberanian,kecerdikan dll.elang ini tidak suka berkelompok saat berburu.

  19. elang adalah burung yang sangat indahya saat dia membentangkan sayapnya yang begitu lebar sama halnya bagai mimpi setiap manusia
    aku sangat terpukau dengan itu burung elang itu menarik dan mempesona dimataku burung yang benar benar kuat…. ia terbang setinggi-tingginya.

  20. Mohon bantuannya bos…. gw baru dapat anak elang, warnanya coklat campuran hitam putih dikit tapi gw bingung jenisnya yg mana yah, kayanya mirip tawni eagle. nah maslahnya nih anak eagle blm bs makan diri, kayaknya mesti dsuapin gitu, nah gw bingung mkannanya apa yah????? Tolongin please,, gw awam soal burung memburung jd bingung takut elangnya mati…. help

  21. kebetulan saya juga suka elang,n sekarang lg di bidang konservasi elang terutama elang bondol yg emang burung simbol DKI Jakarta.
    Saya dan teman-teman di KPB Nycticorax juga sering mengemati migrasi elang tiap tahunnya, terutama di sekitar puncak. banyak lho elang yang sedang soaring di sana, khususnya bulan-bulan seperti agustus- oktober.
    minggu kemarin kami melihat sebanyak 7 ekor elang di atas kampus kami ( UNJ) yang sedang soaring, mereka sedang arus balik.

  22. @Aaron: maaf br bls, mudah2an elangnya msh hidup. bayi elang biasanya makan daging yang sudah dicacah ma induknya, jd tdk bulat2. but i encourage you to take it to nearest wildlife care center, such as PPSC (Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga) at Sukabumi.

    @ma’i: tahukah kamu elang apa aja yg km liat pas migrasi? dulu sy sering liat elang alap cina dan yg lain melintas di puncak dan jumlahnya ribuan, waktu itu sy ngamatin dr cibulao. tp sy kurang tau sekarang gmana trend populasinya ketika migran. mudah2an tdk menurun.

    salam lestari,

    harry

  23. hai thx infonya ya, wah sangat membantu nie

    oh iya sekarang ini kita konsen di konservasi G. Arjuna, dalam beberapa tahun ini kami sering liat elang terbang biasa jam 8 s.d 9 pagi di sekeliling kaliandra sini, tapi bergerombol ( 6 an) gitu kadang hanya sepasang

    oh iya kenalin
    sugi

  24. TArGet

    Layang-layang putus tali
    buncah segala isi hati
    layaknya elang terbang tinggi
    tatap incar sasaran di bumi

    Sanggrahan, 31/03/2009/22:03

    Artikel bermanfaat, permit to used the picture to add my poetry above… thank.

  25. saya ingin tahu lbh banyak tentang burung garuda lambang negara kita yang merupakan salah jenis dari burung elang. apa masih ada jenis elang yang melegenda ini yang orang indonesia sebut dengan GARUDA. saya ingin tahu dan mempelajarinya.

  26. good comunity

  27. bagaimana cara melatih burung elang,tolong informasinya,elangnya baru 30 hari

  28. aku seneng sekali elang!!!!!

  29. ada yg minat beli elang jawa…..??????

    • Hoho..penyiksa hewan liar lagi…

  30. uji coba

  31. okay

  32. Banyak juga macamnya. Thanks .

  33. elang”e apix n jangan ampe punah yaaa…..

  34. tgl 2 des 09 saya lihat elang dgn tingggi sekitar 40cm diikat di lapangan parkir superindo jl. daan mogot jakarta barat dekat Indosiar sedang diberi makan ikan oleh pemiliiknya.
    saya sangat kasihan melihat hewan yang dilindungi tapi dipelihara dengan kurang perhatian, saya tanyakan apakah burung ini dijual, dijawab ya dengan harga 750rb.
    sayang saya tidak punya uang sebanyak itu, saya hanya berharap bisa membeli burung tersebut lalu menyerahkan kepada pihak yang melestarikan hewan tersebut.
    mohon informasi dimana saya dapat menghubungi pihak terkait. trims

    • jangan dibeli pak!!! Kalau dibeli yang jualan malah untung, terus nyari elang lagi…. kalau sayang jangan dibeli deh pokoknya!!!

  35. sya mo nanya,gnama cra ngelatih elang spya bsa d mainin….d hnggapin ke tangan,,,,gw tkut d gigit…..lw elang dh bsa hnggap d tngan,,,,,dia bkalan matuk mata gx.?

  36. elang tuh keren bgt…….g punya tp uda mati……g br mau nyari lg neg….g mau elang yg setandar aj …kg mau yg gede2.biar enk d latih na..salam kenal

  37. foto eleng sama foto warga benten caem-caem ya.met kenal

  38. huhuhuhuhu…….”garuda”q kmrin mati………qsedih bgt.gmna sih ngerawa elang yang bener??????

  39. i like it. kalau ada informasi tentang elang tolong konfirm ya??

  40. kok gak lengkap jenis elang di jawa

  41. u/ para penangkar burung tolong bagaimana elang tersebut bisa ditangkarkan & bagaimana caranya, agar tidak punah?

  42. salammm kenall smuanya..

    ELANG itu sangat berpengaruh dalam hidup saya..ketika jalann diantara hutan ku ingin “blues” (panggilan ELANG yg aku pelihara) slalu ada di pundak ku..

    tpii sayang BLUES telah pergi..sarann kepada temann jgaa dan peliharaa baik2 sang inspirasimu..

  43. mantep

  44. @bayu, ini hanyalah sebagian dari burung2 elang yg ada di dunia, terutama yg populer.

    All, pls pls pls….burung itu lebih indah di alam liar. janganlah di simpan dalam sangkar. keindahannya akan berkurang.

    Salam Lestari,

    Harry

  45. w mau jual elang w………
    kira2 ada yg mau ga yah…….????
    jenis nya steppe elang…..

    klo ada yg mau ni no hp w 08988571067…

    • elangnya masih ada ga bro…sy jg lg cari elang nich bt hunting

  46. saya interest sm elang nya bro kira2 ada ga yg punya elang laut ? tks

  47. Mohon maaf mas, tapi elang hitam putih itu bukan nama formalnya. Nma formalnya Elang gunung, bisa dilihat di buku Panduan pengamatan Pengamatan burung di Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali oleh Mc. Kinnon dan John Philips. Nama ini sudah dijadikan nama resminya, terimakasih…

    NB. segala macam Elang, Elang-alap, alap-alap, kestrel, buzzard, sikep dan atau baza (suku acciptridae dan falconidae) dilarang dipelihara menurut UU no. 5 tahun 1990. ancaman hukuman: 5 tahun penjara!!

    • @Zee: justru nama indonesianya bukanlah nama formal, tp berdasarkan nama yg diberikan oleh penduduk setempat. nama formalnya adalah nama latinnya. sedangkan saya lebih suka menggunakan nama dalam bahasa inggris untuk memudahkan komunikasi dengan pengamat asing. kalau namanya elang gunung, dan bahasa inggrisnya kita sebut mountain eagle, orang asing akan bingung krn mountain eagle bagi mereka bukanlah nama jenis. karena itu saya membiasakan menggunakan nama yang umum diketahui secara global berdasarkan referensi yang ada.

      • By the way kok infonya elang luar negeri semua ya????? elang dalam negeri nggak ada ya?? Elang Jawa, Elang hitam, Elang-ular bido…

  48. terimakasih..infonya..burung langka ini sangat ku suka..biarlah ia hidup bebas di angkasa.. terbang tinggi sekuat sayap-sayapnya.

  49. elang yang dilingdungi di Indonesia, elang apa ja ya???

  50. terny6ata elang banyak jenisx.
    I like it….

  51. sama saya ada satu ekor buru,ng rajawali Amerika yang sudah saya pelihara sekitar 1 thn…( kpd cicem Aceh / walla ut ) tolong hubungi saya d fb.lo disi saya kurang ngerti maen’a..

  52. elang saya tidak di ikat kaki’a…dia bebas bergerak..( sudah jinak makana’a ikan. ) almat saya ..jl;n Medan-B.Aceh,bayu Aceh Utara. d pingir jln, kadang2 saya kasih berdiri di pagar depan rumah klo melintas di jln pasti ter lihat….yang ber minat tolong hubungi saya di fb Adi Ibr…

    • jenis apa bang??
      add aja fb ku
      abid muhammad
      aku punya bido tapi dikit susah ni merawat nya

  53. saya beli elang masih kecil di depan BIP,, kira2 elang apa ya namanya? ko ga ada di internet

  54. sama banget nih bang, saya juga ada ELANG, masih kecil… bukan balita,tapi kaga tau nama elang’a apa… diintrnet juga gak ada nih,… hufft

  55. nama elang saya nih, elang macan,… emang’a ada yaaak? elang macan? gw cari kaga ktemu diintrnet, jadi elang apakah yg saya plihara???? ,,,,

  56. Apa sh arti pandangan mata elang……………?

  57. jdi penasaran ne cma ynk nama’y hewan elang !!!

  58. Saya punya elang bido , udah +/- 1 thn (kata yg ngasih) , tapi kenapa yah makannya hrs disuapin,kalo gak disuapin gak mau makan,padahal burungnya udah segede ayam pelung? Ada yg bisa ngasih informasi
    Thx

    • slamat anda sudah salah memeliharanya.. kalo dari kecil di biasakan makan disuap dy akan kehilangan insting’y dan menganggap manusia sbg sesama spesies..

      carilah orang yg tau tentang elang/falconer terdekat ato kalo tetap mau keep carilah ilmu sebanyak mungkin sebelum terlambat..
      pelajari tentang falconry..

      btw posisi km dimana?

  59. Saya punya elang jenis alap2x yang badanya kecil n mata merah tapi tadi siang mati, saya tidak tau kenapa..burungnya tiba2x kejang2x dan badanya doyong kebelakang dengan kepala trus menghadapa keatas..pertolongan pertama saya kasih air madu dan kasih makan lele..sempat ada perubahan sedikit tapi gak lama dia rebah lagi..trus badanya mulai mengejang..dia suka saya kasih lele, emprit 1 minggu sekali dan daging 2 minggu sekali, klu ampela dia jarang saya kasih (pengaruh tidak)..ada yang mau ditanyakan apakah elang tersebut mati karena penyakit atau ada makanannya yang salah?

    • ya marilah kita sangat belajar dari pengalaman buruk kita semoga tidak terulang kembali.elang mempunyai ketengangan tingkat stres yang sangat berbaya bagi elang itu sendiri biasanya di ikuti dengan suara ngorok dan seperti ada ganguan dalam pernafasan….jika dalam kondisi stres berat seharusnya jangan di pertotonkan di tempat yg mudah terlihat dengan manusia,masukan dalam kandang yang tertutup dan sediakan air dan makanan hidup seperti burung emprit atau ikan lele dengan kondisi tidak terlalu gesit agar mudah di tangkap dan di makan. jika anda ingin menjenguk lakukan dengan memberi aba2 seperti bersiul atau memangil namanya jika di beri nama agar tidak kaget

  60. gan,,
    elang bido langkah pa gak yaa??
    aku punya elang bido nii..

    • hampir semua elang itu di Indonesia itu langka dan di angap sangat sangat terancam punah maka rawatlah dengan baik dan bantu proses perkembang biakannya.,jadikan kita penyayang binatang bukan pemburu binatang demi uang

      • kk…klu elang lg sakit lbh bgs ksh obot apa & elang lbh bgs di kandang apa tdk di kandang

        tlg ksh(kk)

  61. sip.sip.sip.sip.

  62. wah gambary bgus bgt…tolong di tambahin dong?

  63. mlihara hewan bkan bratimeyiksa hewan……………………………

  64. klasifikasi hewan elang apa saja?

  65. D rmh q ad elang nyasar & sayapny patah.
    Gimana tuh ap msh bs bertahan hidup?
    Kira2 bisa dideketin & dipelihara ga?

  66. sekitar tempat tinggalku masih sering di jumpai beberapa elang terutama elang putih

    Salam kenal pecinta elang

  67. tadi pagi aq di ajak teman beli jangkrik, stelah nyampek di tempak aq terpesona dengan burung gede warna hitam trus ada bintik bintik kuningnya di dada katanya sih lagi ganti bulu, aq langsung turun dari motor dan nyamperin tu burung trus aq tanya nama burung itu dan sekalian harganya…… kata penjualnya sih itu burung elang laut dan di jual Rp.500.000 langsung aja aq tawar Rp.300.000 tapi sayang gak dikasihkan padahal didompet cuma ada uang segitu…..tapi sayapnya yang kiri kok agak turun kebawah ya jadi kayak cacat gitu…… uh sedih banget

  68. Info2 soal elang dong sy suka sekali elang dan sedang pelihara skg. Tapi pengen saring MA temen2 pecinta elang SEmua. Krn belum mengerti banyak soal melatih elang. Saat ini sy punya elang bido umur 1bulan. Yg mau Share hub 087885945556 Hendro. Or ada fb ku: hend gold Thx semuaaa

  69. Bukan Elang Indonesia semua, ini elang dari luar. Mana nih elang-elang dari Indonesia? Elang-ular Bido, Elang Hitam, Elang Jawa, Elang Sulawesi, dll?

  70. maaf ,mau nanya.kalo elang bido susah makan,gimana cara agar burung elang saya bisa makan dengan rakus.padahal sudah tak kasih makan daging ayam,daging burung,daging tupai,tapi tetep susah aja.mohon pencerahanya.

  71. Gue permah punya elang yg sngt jinak tapi entah kenapa stlh dia dpt pasangan dia hilang bgtu sj.. Knapa.. ya..?

  72. Artikel yg bgus, tpi jenis-jnis elang yg lebih besar g’ di tmpilkan

  73. http://www.kaskus.co.id/post/50b4fb317e1243d931000085#post50b4fb317e1243d931000085

  74. Wahh Cukup LENGKAP Ni buat Proposal,, ,,
    Makasii

  75. Dimana saya bisa dpt kan salah satu elang. Tersebut

  76. Elang bwat qu adalah motifasi dgn sifatnya yg pndiam dan ganas. . . Maka dari itu. Pecinta burung jgn jual donk. Lestariin aj. . . . Nie brung kn lambang negara. . . Orang indonesia gk sih loe. . . . ?! The end

  77. gambar.elangnya.bagus2.dan.banyak.informasi.yang.dapat.di.ketahui.tentang.elang…

  78. kalo di indonesia elang itu aa berapa macam sih gan?
    terimakasih ;)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: